Bimbel Neutron Solo Raup Rp 6 Miliar Per Tahun

TRIBUNJOGJA.COM, SOLO - Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) membawa berkah bagi usaha lembaga bimbingan belajar (bimbel).

Misalnya, Neutron Cabang Solo. Dalam setahun mereka bisa meraup dana dari biaya pendidikan hingga Rp 4 miliar. "Siswa kami lebih dari 2100 orang di Solo," kata Humas Neutron, Purwanto, saat ditemui di kantornya, Rabu (02/03/2011).

Ia menambahkan, biaya pendidikan di bimbelnya rata-rata sekitar Rp 2 Juta untuk program satu tahun, mulai bulan Juni 2010 hingga Mei 2011. Pemasukan tersebut masih berpotensi meningkat karena pihaknya memiliki program lanjutan, yaitu persiapan menghadapi SNMPTN yang berlangsung Juni 2011 mendatang.

Lebih lanjut ia menerangkan, biaya bimbingan untuk program dua kali seminggu, pihaknya mematok harga Rp 955 ribu, sedangkan untuk paket tiga kali seminggu Rp 1,2 Juta.

Ia mengaku, seluruh siswa mengikuti program persiapan UN telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program lanjutan tersebut.

Dengan 2100 siswa bimbingan reguler yang melanjutkan ke program SNMPTN dan biaya rata-rata bimbingan sebesar Rp 1 juta, maka bimbel tersebut berpotensi meraup pendapatan tambahan hingga Rp 2 miliar.

Untuk menarik siswa mendaftar di bimbelnya, Neutron Cabang Solo melakukan strategi dengan memberi diskon Rp 250 ribu untuk siswa yang mendaftar sebelum batas waktu yang ditentukan.

Selain itu pihaknya juga memberikan promo diskon bagi pendaftar rombongan melalui pihak sekolah. "Kami sudah melakukan sosialisasi dan promo ke sekolah-sekolah," tambahnya.

Dalam promonya, mereka menekankan metode penalaran dalam proses belajar. Selain itu mereka mengedepankan kualitas pengajar yang 90 persen lulusan UGM.

Lulusan Sosiatri UGM ini menambahkan, pihaknya juga memberi pelayanan lebih dengan memberikan pertimbangan kepada siswa tentang jurusan apa yang sesuai untuk siswa tersebut. (*)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More